Rabu, 12 Agustus 2009

Yuk ke Fatahillah, Nonton Wayang Kombet!


Kamis, 13 Agustus 2009 | 10:28 WIB

MALAM ini, di Taman Fatahillah, warga Jakarta bisa kembali menikmati sajian gratis yang menghibur. Pekan Wayang dibuka dan kemudian Wayang Komedi Betawi (kombet) akan mengisi panggung membawakan lakon Pangeran Jayakarta. Wayang Kombet adalah kolaborasi antara wayang dan Kombet yang dibikin oleh Syaiful Amri. Upaya ini tentu sebagai penyegaran sekaligus dalam rangka membuat wayang dan komedi Betawi makin bisa diterima khalayak luas.

"Karena ini kan pembukaan Pekan Wayang, kami kolaborasi dalang Sukarwana dengan komedi Betawi," lanjut Syaiful. Seperti biasa, ia menggaet pemain-pemain seperti Manori, Kubil, Riyanto, ditambah mantan Abang None (abnon) 2006. "Saya pake abnon supaya mereka ada kerjaan. Ngebantu majuin budaya Betawi, saya udah siap kok nampung mereka," tandasnya.

Dengan kolaborasi itu maka musik yang mengiri pun merupakan kolaborasi wayang dan kombet. "Dalang nganter cerita kemudian dimainkan oleh kombet," imbuh Syaiful yang akan tampil sekitar pukul 19.30 selama sekitar satu jam.

Selain Pekan Wayang yang dimulai malam ini, pada 15 Agustus malam hari, Monas tak mau ketinggalan. Unit Pengelola Monumen Nasional menggelar Malam Puisi Merah Putih 2009 mulai pukul 19.30 – 21.30 di Monumen Proklamator Soekarno Hatta, Jl. Proklamsi No. 56 Jakarta. Khusus menjelang HUT ke-64 RI. Pergelaran ini berupa pembacaan puisi oleh tokoh masyarakat yang semula berjudul “Malam Renungan Suci Proklamasi Kemerdekaan RI”

Tema pergelaran kali ini adalah “Kepahlawanan dan Cinta Tanah Air” dengan harapan acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, untuk membaca puisi sebagai simbol pembukaan. Tokoh dari kalangan sastrawan yang akan tampil antara lain Taufiq Ismail, Sutardji Calzoum Bachri, Ikranagara, Jose Rizal Manua dan Leon Agusta. Selain itu akan ada Sylviana Murni (Walikota Administrasi Jakarta Pusat), Winny Erwindia (Direktur Utama Bank DKI), Dhanny Dahlan (Pendidik dan Perancang Mode), Teuku Zacky (Artis), dan Surachman (Guru Teladan Tingkat SMP).

Semula acara ini bertajuk “Malam Renungan Suci Proklamasi Kemerdekaan R.I” dan untuk pertama kali diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke- 46 RI pada 16 Agustus 1991. Tahun itu, penyelenggaraan dilakukan di depan Patung Chairil Anwar, Taman Monas, diikuti 50 tokoh masyarakat dan penyair seperti Alm WS Rendra, Sutardji Calzoum Bachri, Darmanto Jatman, Ikranagara, H.B. Jassin, dan Jose Rizal Manua.

Pada kelanjutannya, pergelaran ini menjadi acara dua tahunan namun sempat terhenti setelah terjadi kerusuhan 13 – 14 Mei 1998. Malam Puisi Merah Putih pernah diselenggarakan di berbagai tempat seperti di Gedung Kesenian Jakarta, Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki dan di Depan Patung Proklamator Soekarno-Hatta Jalan Proklamasi.

Dengan diselenggarakannya kembali kegiatan “Malam Puisi Merah Putih” ini diharapkan dapat menjadi agenda tahunan Unit Pengelola Monumen Nasional.


sumber : kompas.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Daftar Blog


 

Indonesia Hijau Copyright © 2009 Community is Designed by Bie

world.gif Pictures, Images and Photos